Recommended Post Slide Out For Blogger

Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Arsitektur

Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Arsitektur

Berdasarkan arsitekturnya jaringan komputer dapat digolongkan menjadi 3 bentuk:
- Jaringan Peer-to-peer
- Jaringan Client/Server
- Jaringan Hybrid

Jaringan Peer-to-Peer

Jaringan Peer-to-peer merupakan sebuah jaringan workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus.

Dalam jaringan P2P, dua atau lebih komputer telah terhubung melalui suatu jaringan dan dapat berbagi sumber daya (seperti printer dan file) tanpa memiliki server yang berdiri sendiri.
Peer-to-Peer

Jaringan Client/Server

Dalam model client/server, perangkat yang meminta informasi disebut dengan client sedangkan  perangkat yang menanggapi terhadap permintaan client tersebut disebut dengan server.

Proses client/server dipertimbangkan sebagai lapisan aplikasi. Client memulai pertukaran dengan melakukan permintaan data dari server, yang kemudian menanggapi permintaan dengan mengirimkan satu atau lebih aliran-aliran data ke client.
Server Download

Server Upload

Jaringan Hybrid

Jaringan komputer Hybrid menggunakan standar komunikasi yang berbeda secara bersamaan, seperti Ethernet dan WiFi. jaringan ini menggunakan router khusus, switch, hub untuk menghubungkan komputer serta perangkat peripheral.

Jaringan Hybrid Menggabungkan keuntungan antara jaringan client/server dan jaringan P2P (peer-to-peer).
User dapat mengakses seluruh sumber daya yang di bagikan oleh jaringan peer-to-peer, dan dalam waktu yang bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server
Jaringan Hybrid

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jaringan Komputer / Kuliah Informatika dengan judul Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Arsitektur. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2013/07/jenis-jarkom-berdasarkan-arsitektur.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Minggu, 28 Juli 2013

1 Komentar untuk "Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Arsitektur"