Recommended Post Slide Out For Blogger

Sejarah dan Penggunaan Sistem Operasi Open Source dan Closed Source

Sistem operasi yang bersifat open source

1.1 Sejarah
            Linux pada mulanya dibuat oleh Linus Benedict Torvalds,seorang mahasiswa Firlandia.Dahulu linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix,yaitu sistem unix kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.Namun Linus merasa bahwa minix masih memiliki banyak kelemahan.Dan mulai saat itu,diusianya ke 23,linus mulai mengutak atik kernel minix.Dan ia mulai mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC.Pada bulan Agustus 1991,lahirlah linux 0.01 hasil oprekan linus,dan pada tanggal 5 Oktober 1991,secara resmi linus mengumumkan linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler.Selain itu linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source kodenya,yang ternyata disambut dengan sangat antusias oleh para programer dan developer di seluruh dunia agar dapat dideveloper bersama sama.
1.2 Penggunaan Linux
            Sebagian besar distribusi Linux didesain untuk penggunaan umum di komputer meja dan peladen, tetapi terdapat distribusi yang dikhususkan untuk tujuan dan lingkungan yang berbeda yang tergantung kepada dukungan arsitektur komputer, sistem benam, stabilitas, keamanan, lokalisasi ke wilayah atau bahasa tertentu, kelompok pengguna tertentu, dukungan aplikasi waktu nyata, atau lingkungan desktop tertentu.
            Saat ini Linux merupakan sistem UNIX yang sangat lengkap,bisa digunakan untuk jaringan,pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari.Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial(misalnya windows 9.x/NT/2000/m ).Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat.Hal ini dimungkinkan karena linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang.Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan,pengalaman serta geografis.
            Sekarang ini,banyak aplikasi Linux yang dapat digunaka untuk keperluan kantor seperti spreadsheet,word prosessor,database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti microsoft office.Selain itu,juga sudah tersedia versi Corel untuk linux dan aplikasi seperti matlab yang pada linux dikenal Scilab
1.3 Varian Linux
1.3.1 Mandriva Linux / Linux-Mandrake
            Linux-Mandrake adalah salah satu distro turunan dari Red Hat Linux yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi ‘pre-configured’ dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.
1.3.2 Debian
            Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU.Debian GNU/Linux adalah distro non komersial yang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang saling bekerjasama melalui Internet.
1.3.3 Redhat linux
            Redhat Linux merupakan linux yang paling popular di Indonesia dan Amerika, dan dirancang khusus untuk server. Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.
1.3.4 Slackware Linux
            Bagi pengguna Linux senior, slackware merupakan suatu distribusi Linux yang penuh dengan tantangan. Slackware hadir dengan model yang sangat sederhana, tidak seperti distribusi linux yang lainnya. Slackware merupakan distribusi linux yang murni, dalam arti penampilannya yang sangat mirip dengan UNIX (UNIX Clone), sehingga membuat penggunanya merasa seperti menggunakan UNIX murni.
1.3.5 Caldera Linux
            Caldera Linux merupakan salah satu jenis linux yang dirancang untuk mempermudah pemakaian bagi penggunanya. Caldera sendiri dirancang dengan tampilan keseluruhan dengan grafis. Sejak saat kita melakukan penginstallan linux Caldera ini, hingga kita melakukan Setting Hardware semuanya dilakukan dengan tampilan grafis. yang mengagumkan dari Linux Caldera ini adalah pada saat kita melakukan penginstallan Linux Caldera ini, kita disuguhi game tetris untuk mengisi waktu yang luang, sambil menunggu transfer prigram yang berjalan.
1.3.6 Suse Linux
            Jika Redhat adalah Jenis Linux yang paling populer di Amerika dan di Indonesia, maka SuSE Linux adalah Linux yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa. SuSE dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. Selain itu juga dilengkapi tools untuk central setting yang bernama YaST (Yet another Settup Tools) yang sangat mudah digunakan untuk konfigurasi sistem internal dan jaringan serta security.Yang paling dibanggakan dari distro ini adalah kelengkapan program aplikasinya. Jika membeli Linux SuSE seharga USD 50,00, Anda akan mendapat 5 CD program dan 1 CD source. Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mendownload program lainnya.
1.3.7 Turbo Linux
            Turbo Linux adalah Linux yang terkenal dan populer di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina pun Linux ini terkenal, Turbo Linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besar.

1.3.8 Ubuntu Linux
            Linux Ubuntu adalah salah satu dari jenis Linux yang ada di dunia. Ubuntu Linux merupakan sebuah distro baru yang langsung mendapatkan tempat dihati para pengguna Linux khususnya bagi para Debian mania. Bagaimana tidak Ubuntu memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan debian sendiri. Ubuntu menawarkan semua kelebihan yang dimiliki oleh Debian ditambah dengan update berkala setiap 3 bulan, dukungan komunitas yang sangat banyak, dukungan dana yang melimpah, bahkan anda bisa mendapatkan CD Installernya secara gratis.
1.4 Logo dan Merek Dagang
            Ada salah satu kisah (perlu dikonfirmasikan kembali) kenapa Linus menginginkan pinguin sebagai logonya. Saat berjalan-jalan di taman Perth bersama Andrew Tridgell, pembuat program Samba, Linus dipatok oleh Pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia pikir karakter pinguin cocok dengan Linux. Badannya agak gemuk, santai, namun jika mematok bisa bikin demam berhari-hari. Dia menggambarkan pinguin maskot ini nantinya berbadan gemuk, agak tersenyum dan sedang istirahat.
            Setelah melalui pemilihan selama beberapa waktu, akhirnya diputuskan gambar pinguin yang dibuat oleh Larry Ewing merupakan deskripsi yang paling sempurna menurut keinginan Linus. Maskot ini dinamakan Tux, ditahbiskan sebagai logo Linux pada tahun 1996. Tentang penamaan Tux, merupakan kepanjangan dari Torvald + Unix = Tux.

2.Sistem operasi yang bersifat closed source(windows beserta variannya)
2.1 Sejarah Singkat Mengenai Windows
            Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.
            Pada tahun 1983, Microsoft mengumumkan pengembangan sebuah antarmuka grafis untuk sistem operasi buatannya, MS-DOS yang telah dibuat untuk sistem IBM PC dan kompatibelnya semenjak tahun 1981.
2.2 Penggunaan Windows
            Windows merupakan cara lain yang berguna untuk membagi layar monitor menjadi beberapa bagian, yang memungkinkan beberapa tipe informasi ditampilkan secara terpisah.Misal pengolah kata dapat menampilkan teks yang diedit pada satu jendela,footnotes pada jendela lain, dan sekumpulan perintah dalam menu tarik.
2.3 Versi/Varian Windows
Adapun  Versi/Varian Windows yang pernah ada:
1.      Windows 1.0 ( 1985 )
2.      Windows 2.0 ( 1987 )
3.      Windows 3.0 ( 1990 )
4.      Windows 3.1 ( 1992 )
5.      Windows for Workgroups 3.1 ( 1992 )
6.      Windows NT 3.1 (1993 )
7.      Windows for Workgroups 3.11 ( 1993 )
8.      Windows NT 3.5 ( 1994 )
9.      Windows NT 3.51 ( 1995 )
10    Windows 95 ( 1995 )
11    Windows NT 4.0 ( 1996 )
12    Windows 98 ( 1998 )
13    Windows 98 SE ( 1999 )
14    Windows 2000 ( 2000 )
1     Windows Me ( 2000 )
16    Windows XP ( 2001 )
17   Windows Server 2003 ( 2003 )
18    Windows Vista ( 2006 )
19    Windows Server 2008 ( 2008 )
20   Windows Seven ( 2010 )
Berikut Penjelasan Singkat Dari Beberapa Varian/Versi Windows:
1.      Windows 1.0 ( 1985 )
            Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.

2.      Windows 2.x(1987)
            Pada tanggal 9 Desember 1987 Microsoft meluncurkan Windows 2.0 yang tampilannya menyerupai sistem operasi pada komputer MacIntosh, yaitu menggunakan icon2 untuk mewakili suatu program atau file, mendukung penggunaan expanded memory dan tampilan jendela program yang dapat saling tumpah tindih.
Windows 3.0(1990) Windows 3.0 yang dikenal dengan kode nama “Chicago“ diluncurkan pada tanggal 22 Mei 1990. Windows versi ini mengalami perubahan yang sangat besar, dengan kemampuan akses memori di atas 640Kb (conventional memory) dan user interface yang lebih canggih. Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual.


4.     Windows 3.1
Windows ini diluncurkan pada tanggal 6 April 1992, dan mempunyai beberapa perubahan signifikan dari vesi sebelumnya, antara lain:Mendukung jenis huruf true type,kemampuan multimedia,mendukung Object Linking and Embedding (OLE),kemampuan diagnosis kesalahan yang lebih baik,kemampuan jaringan.
5.      Windows 3.11 / Windows for Workgroup 3.11
Hampir sama dengan versi sebelumnya, hanya ada perbaikan sejumlah bug yang sebagian besar berhubungan dengan jaringan.
6.      Windows NT 3.1 (1993 )
            Windows NT 3.1 adalah merupakan produk pertama dari jajaran Sistem Operasi Server Microsoft Windows NT. Produk ini mulai diproduksi tanggal 27 Juli 1993. Tersedia dalam 2 versi, yaitu : Windows NT 3.1 dan Windows NT Advanced Server. Sistem operasi ini kemudian dikembangkan menjadi Windows NT 3.5 pada September 1994.
7.      Windows for Workgroups 3.11 ( 1993 )
            Tidak beberapa lama kemudian Microsoft mengeluarkan versi ini. Tidak ada tambahan fasilitas, namun memperbaiki sejumlah bug (masalah) yang ada yang ditemui pada Windows 3.1, yang pada umumnya berhubungan dengan kemampuan jaringan.Dipasarkan bulan November 1993, Windows for Workgroup adalah paket pertama yang ditawarkan dengan dukungan penuh untuk komputer yang terhubungkan dalam suatu jaringan kelompok.
8.      Windows NT 3.5 ( 1994 )
            Microsoft Windows NT 3.5 adalah versi sistem operasi Microsoft Windows NT kedua, yang dirilis pada tanggal 21 September 1994. Selama pengembangan, Windows NT 3.5 ini memiliki nama kode "Daytona", diambil dari sebuah jalan tol di pantai Daytona, Florida.

9.      Windows NT 3.51 ( 1995 )
            Windows NT 3.51 adalah versi ketiga sistem operasi Microsoft Windows NT yang dirilis oleh Microsoft pada tanggal 30 Mei 1995, sembilan bulan setelah dirilisnya Windows NT 3.50. Rilis ini menawarkan dua fitur utama, yakni NT 3.51 merupakan versi pertama kali dari Windows NT yang mendukung arsitektur CPU IBM PowerPC, dan dukungan terhadap interoperabilitas dengan sistem operasi Windows 95, yang dirilis tiga bulan setelah NT 3.51. 
10  Windows 95 ( 1995 )
            Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft akhirnya meluncurkan produk.Walau masih ada beberapa masalah (bug) hingga diluncurkan edisi perbaikannya (Windows 95A atau 95B), namun Windows 95 tetap dianggap sebagai sistem operasi yang sangat mudah dioperasikan, termasuk protokol TCP/IP yang terintegrasi, mendukung pemakaian nama panjang 32 karakter (sebelumnya DOS hanya 8 karakter). Windows 95 juga tidak memerlukan lagi DOS dalam peng-installannya.
11  Windows NT 4.0 ( 1996 )
            Microsoft Windows NT 4.0 adalah versi kelanjutan (versi keempat) sistem operasi berbasis kernel NT yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada 29 Juli 1996. Sistem operasi ini dapat mendukung beberapa platform perangkat keras, mulai dari Intel IA-32 (x86), PowerPC dari IBM, MIPS, dan DEC Alpha dari Digital Equipment Corporation.
12  Windows 98 ( 1998 )
            Pada tanggal 25 Juni 1998 akhirnya Microsoft meluncurkan Windows 98, pengembangan dari Windows 95, sekaligus menjawab keingintahuan publik akan produk terbaru dari Microsoft. Menyertakan Internet Explorer 4 dan mendukung sistem Universal System Bus (USB), suatu standard input device terbaru di dunia komputer yang kini banyak dibuat. 
13  Windows 98 SE ( 1999 )       
            Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98.Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun  juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.
14  Windows 2000 ( 2000 )
                Pada Juni 2000 diluncurkan Windows 2000 yang merupakan perkawinan dari Windows 98 yang terkenal user friendly dengan Windows NT (Next Technology) yang terkenal dengan kestabilannya itu. Dengan demikian maka kemampuan Windows 2000 dalam jaringan komputer dapat lebih maksimal, terutama dalam pengelolaan file, set-up dan keamanannya. Menyertakan Internet Explorer 5.0 untuk internet. 
15  Windows Me ( 2000 )
            Beberapa bulan kemudian Microsoft meluncurkan windows untuk komputer pribadi dengan penekanan multimedia yang lebih maju (advanced multimedia) disamping kemampuan yang telah dimiliki seperti pada Windows 2000

16  Windows XP ( 2001 )
            Adalah pengembangan lebih lanjut dari Windows Millenium dan Windows 2000. Walau pada dasarnya Win-Xp tetap merupakan sistem operasi 32-bit, versi Windows-Xp Professional direncanakan disiapkan untuk beroperasi pada level kecepatan 64-bit untuk processor generasi berikutnya buatan Intel dengan nama-kode Ithanium. Windows-Xp dilepaskan ke pasaran pada September 2001 (setahun setelah Win-Me).
Win-Xp benar-benar merupakan perombakan “revolusioner” dari beberapa versi Windows sebelumnya. Misalnya, selain folder My Document, kini juga terdapat folder My Music, My Picture, My Music dengan kemampuan pemutar suara dan video yang lebih banyak dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.
17  Windows Server 2003 ( 2003 )
            Windows Server 2003 merupakan sebuah versi sistem operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan .NET Server, Windows .NET Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server.
18  Windows Vista ( 2006 )        
            Vista membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Tetapi vista juga lambat dan tidak lebih baik dari windows XP dalam penggunaan sehari hari.

19  Windows Server 2008 ( 2008 )
            adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003.
20  Windows Seven ( 2010 )                   
            Windows 7 adalah windows yang pertama kali membuat microsoft berdedikasi untuk merilis operating system yang baru setiap 3 tahun. Tidak terlalu lama, juga tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan pasar yang terus melaju cepat, disesuaikan dengan pembenahan fitur yang mengikuti


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kuliah Informatika / Sistem Operasi dengan judul Sejarah dan Penggunaan Sistem Operasi Open Source dan Closed Source. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2012/04/sejarah-dan-penggunaan-sistem-operasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Senin, 16 April 2012

2 komentar untuk "Sejarah dan Penggunaan Sistem Operasi Open Source dan Closed Source"

  1. terima kasih gan informasi nya

    jangan lupa juga kunjungi situs kami di
    http://stisitelkom.ac.id

    BalasHapus