Recommended Post Slide Out For Blogger

Semua tentang Proses pada Sistem Operasi

Seperti biasa pada mata kuliah sistem operasi selalu disuruh presentasi oleh bapak dosen saya.Kali ini bab yang dibahas yaitu"Sitem Operasi" pada windows dan linux .Pada setiap akhir sesi presentasi,pasti ada sesi tanya jawab.Berikut pertanyaan dan jawaban yang dapat saya rekam dalam otak saya :-D


Apa yang dimaksud dengan sleeping swaped ?
Proses menunggu sebuah event dan telah diswap ke penyimpanan kedua (Sebuah status Blocked).  Atau sebagai contoh, apabila kita membuka Ms Word dan game, apabila kita ingin memainkan game maka kita harus meminimize Ms Word. Sehingga akan tersimpan di tempat penyimpanan. Nah,proses Ms.Word yang sedang di minimize inilah yang dinamakan sleeping swaped.

Apa maksud dari proses windows diimplementasikan sebagai objek ?
Artinya bahwa proses windows itu dijadikan sebagai sesuatu yang nantinya akan dan harus dieksekusi, dijalankan atau di proses. Dan dapat menjalankan satu proses atau lebih. Dalam Linux pun sama, prosesnya diimplementasikan menjadi objek.

Apakah yang dimaksud dengan Distributed Processing?
Mengerjakan semua proses pengolahan data secara bersama antara komputer pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi. Setiap komputer tersebut memiliki prosesor mandiri sehingga mampu mengolah sebagian data secara terpisah, kemudian hasil pengolahan tadi digabungkan menjadi satu penyelesaian total. Jika salah satu prosesor mengalami kegagalan atau masalah yang lain akan mengambil alih tugasnya.

Dalam Struktur Linux, selain hardware eksternal, apakah masih diperlukan hardware internal?
Tentu saja

Apakah kita bisa mengakses data yang ada di Windows, jika kita menjalankan LINUX.?
     Tidak bisa, karena Windows dan LINUX berbeda kernelnya.

Bagaimana cara jika svchost.exe hilang ?
      Karena itu adalah file system dari Windows, maka jika tidak ada harus melakukan install ulang Sistem operasi tersebut.

Jelaskan tentang jenis-jenis proses dan contohnya ?? 
Beberapa tipe proses : 
Foreground Proses yang diciptakan oleh pemakai langsung pada terminal (interaktif, dialog).
Contohnya Program yang sedang aktif / ditampilkan Batch Proses yang dikumpulkan dan dijalankan secara sekuensial (satu persatu). 
Proses Batch tidak diasosiasikan (berinteraksi) dengan terminal.
Contohnya : Proses yang sedang menunggu, seperti apabila kita sedang membuka ms.word dan game,tapi yang sedang dijalankan adalah game. 
Daemon Proses yang menunggu permintaan (request) dari proses lainnya dan menjalankan tugas sesuai dengan permintaan tersebut. Bila tidak ada request, maka program ini akan berada dalam kondisi “idle” dan tidak menggunakan waktu hitung CPU. Umumnya nama proses daemon di UNIX berakhiran d, misalnya inetd, named, popddll. 
Contohnya : Proses yang sedang tidak aktif.

 Pada Linux, terdapat ID dan grup ID,apa yang dimaksud ID dan grup ID ?? 
 ID adalah bilangan bulat, masing-masing diwakili menggunakan uid_t jenis dan gid_t (didefinisikan dalam <sys/types.h>). Pada Linux, setiap proses memiliki pengguna berikut dan pengenal kelompok: 
a.User ID Real dan ID grup nyata. Ini ID menentukan siapa yang memiliki proses. Sebuah proses dapat memperoleh pengguna yang sebenarnya (kelompok) ID menggunakan getuid (2) ( getgid (2) ). 
b.User ID Efektif dan ID grup yang efektif. ID ini digunakan oleh kernel untuk menentukan hak akses yang proses akan memiliki saat mengakses berbagi sumber daya seperti antrian pesan, memori bersama, dan Semaphore. Pada kebanyakan sistem UNIX, ini ID juga menentukan hak akses ketika mengaksesfile. Namun, Linux menggunakan sistem file ID dijelaskan di bawah ini tugas. Sebuah proses dapat memperoleh pengguna efektif (kelompok) ID menggunakan geteuid (2)( getegid (2) ).
Apa contoh dari Cpu Switching?
CPU Switching komputasi/Peralihan adalah proses menyimpan dan mengembalikan konteks dari sebuah CPU sehingga eksekusi dapat dilanjutkan dari titik yang sama di lain waktu 
Contoh : Mematikan komputer(Turn off) yaitu peralihan dari proses hidup ke mati sebuah komputer

Jelaskan command proses pada windows?
System Idle Process : Digunakan untuk CPU powes saving
Explorer.exe : Windows GUI shell, yang biasanya bernama Windows Explorer. Antarmuka pengguna grafis yang memungkinkan Anda melihat hard drive, folder, dan file
Winlogon.exe, Svchost.exe, Isass.exe, Service.exe, Spoolsv.exe, dan Smss.exe : sub proses dari System Idle Proses

Apa yang di maksud dengan mereka pada device manager?
Mereka adalah Hardware External dan Hardware Internal

Jenis proses window dan linux, apakah sama ? Jelaskan alasan anda ?
Tidak, karena sistem operasi windows dan linux dikembangkan oleh pengembang yang berbeda, windows dikembangkan oleh Microsoft corp. Sedangkan linux yang merupakan open source memiliki banyak pengembang.

Apakah linux bisa multithread seperti windows.?
Bisa, kaarena linux sekarang sudah berkembang seperti windows, karena di linux resource yang digunakan dan lokasi yang akan dieksekusi serupa seperti windows.

Apa itu sistem foreground.?
Sama seperti command prompt di windows, masih berbasis text language, tanpa ada graphic interface.

Ilustrasikan Bagaimana pembuatan Proses?
proses dapat terjadi melalui beberapa tahapan dimana tahapan2 tersebut diawali dengan pembuatan PID (personal Identification) sampai akhirnya proses Child melakukan forking

Apa bedanya membangun dan membangunkan proses?
kalau membangun proses terjadinya dari awal tetapi kalau membangunkan sistemnya sudah ada tetapi hanya tinggal menjalankan saja




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kuliah Informatika / Sistem Operasi dengan judul Semua tentang Proses pada Sistem Operasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2012/04/semua-tentang-proses-pada-sistem.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Sabtu, 14 April 2012

Belum ada komentar untuk "Semua tentang Proses pada Sistem Operasi"

Posting Komentar