Recommended Post Slide Out For Blogger

Pengertian Hipotesis, Fungsi Hipotesis serta Pengujian Hipotesa

1. Pengertian Hipotesis
Secara harfiah hipotesis berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata hupo dan thesis. Hupo berarti sementara, atau kurang kebenarannya atau masih lemah kebenarannya. Sedangkan thesis berarti pernyataan atau teori, Jadi Hipotesis adalah rumusan jawaban atau kesimpulan sementara/masih bersifat praduga yang harus diuji dengan data yang terkumpul melalui kegiatan penelitian.

2. Fungsi Hipotesis
Fungsi penting hipotesis di dalam penelitian, yaitu:
1. Untuk menguji kebenaran teori,
2. Mendorong munculnya teori,
3. Menerangkan fenomena sosial,

4. Sebagai pedoman untuk mengarahkan penelitian,
5. Memberikan kerangka untuk menyusun kesimpulan yang akan dihasilkan.
6. Memberikan gagasan baru untuk mengembangkan suatu teori dan
7. Memperluas pengetahuan peneliti mengenai suatu gejala yang sedang dipelajari
8. Memberikan arah pada penelitian

3. Pengujian Hipotesa
Artinya  mencocokkan hipotesa dengan keadaan yang dapat diamati dalam istilah ilmiah hal ini disebut verifikasi (pembenaran). Apabila hipotesa terbukti cocok dengan fakta maka disebut konfirmasi. Falsifikasi (penyalahan) terjadi jika usaha menemukan fakta dalam pengujian hipotesa tidak sesuai dengan hipotesa. Bilamana usaha itu tidak berhasil, maka hipotesa tidak terbantah oleh fakta yang dinamakan koroborasi (corroboration).Hipotesa yang sering mendapat konfirmasi atau koroborasi dapat disebut teori.
Untuk menguji suatu hipotesis ,peneliti harus :
1) Menarik kesimpulan tentang konsekuensi-konsekuensi yang akan dapat diamati apabila hipotesis tersebut benar.
2) Memilih metode-metode penelitian yang mungkin pengamatan , eksperimental, atau prosedur lain yang diperlakukan untuk menunjukkan apakah akibat-akibat tersebut terjadi atau tidak.
3) Menerapkan metode ini serta mengumpulkan data yang dapat dianalisis untuk menunjukkan apakah hipotesis tersebut didukung oleh data atau tidak.

dikutip dari berbagai sumber

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kuliah Informatika / Metode Penelitian dengan judul Pengertian Hipotesis, Fungsi Hipotesis serta Pengujian Hipotesa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2012/07/pengertian-hipotesis-fungsi-hipotesis.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Rabu, 18 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Pengertian Hipotesis, Fungsi Hipotesis serta Pengujian Hipotesa"

Posting Komentar