Recommended Post Slide Out For Blogger

Variabel penelitian dan Skala Pengukuran

- Definisi Variabel Penelitian
variabel penelitian adalah : Suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya.


- Jenis-Jenis Variabel Dan Contohnya
1. Variabel Bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel Dependen (terikat). Dinamakan sebagai Variabel Bebas karena bebas dalam mempengaruhi variabel lain.
Contoh : “Pengaruh Therapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan”
Therapi Musik termasuk variabel bebas

2. Variabel Terikat merupakan Variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas. Disebut Variabel Terikat karena variabel ini dipengaruhi oleh variabel bebas/variabel independent.
Contoh : “Pengaruh Therapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan”
Penurunan Tingkat Kecemasan termasuk variabel terikat


3. Variabel Moderator adalah variabel yang mempengaruhi (Memperkuat dan Memperlemah) hubungan antara Variabel Bebas dan Variabel Terikat.
Contoh hubungan Variabel Independen – Moderator – Dependen :
Hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat bila peranan dosen dalam menciptakan iklim/lingkungan belajar sangat baik, dan hubungan semakin rendah bila peranan dosen kurang baik dalam menciptakan iklim belajar.


dikutip dari berbagai sumber :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kuliah Informatika / Metode Penelitian dengan judul Variabel penelitian dan Skala Pengukuran. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2012/07/variabel-penelitian-dan-skala-pengukuran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Kamis, 19 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Variabel penelitian dan Skala Pengukuran"

Posting Komentar