Recommended Post Slide Out For Blogger

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala

Secara umum berdasarkan skalanya jaringan komputer dapat dibagi menjadi 4 klasifikasi, yaitu :
- Local Area Network(LAN)
- Metropolitan Area Network (MAN)
- Wide Area Network (WAN)
- Internetwork (internet)

LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah jaringan berskala relatif kecil dan dibatasi oleh batasan geografis tertentu, misalnya seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sekolah dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km2

Contoh gambar konfigurasi LAN
JAringan LAN

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan yang berskala lebih besar dari LAN tapi masih dalam satu kota, sebagai contoh jaringan Depdiknas dengan sebuah kantor sekolah dimana beberapa sekolah masih di dalam sebuah kota besar atau masih dalam satu kabupaten dihubungkan antara satu dengan lainnya.

Contoh gambar konfigurasi Man
 Jaringan MAN
Wide Area Network

Wide Area Network adalah jaringan yang lingkupnya mencapai area geografis yang luas dimana hal ini biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel  bawah laut sebagai  contoh keseluruhan jaringan suatu Bank yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain menggunakan sarana WAN untuk saling terhubung, biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti Internet.

Contoh konfigurasi WAN
Jaringan WAN

Internetwork (Internet)

Internetwork (Internet) adalah Sekumpulan jaringan berbeda (LAN, WAN, atau keduanya) yang saling terkoneksi si seluruh dunia menjadi suatu jaringan yang sangat luas.

Contoh gambar  konfigurasi Internet :
Jaringan Internet


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jaringan Komputer / Kuliah Informatika dengan judul Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2013/07/Jarko-berdasar-skala.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Selasa, 23 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala"

Posting Komentar