Recommended Post Slide Out For Blogger

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol

Agar komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya diperlukan suatu cara atau peraturan-peraturan untuk melakukan komunikasi,peraturan tersebut disebut dengan protokol

Seiring dengan perkembangan komputer yang begitu pesat, protokol-protokol jaringan juga mengalami banyak perkembangan. Ada 4 jenis protokol jaringan yang sering digunakan untuk LAN, yaitu :

Ethernet (fast ethernet, gigabit ethernet)
Ethernet
Protokol Ethernet diciptakan oleh perusahaaan Xerox sekitar tahun 1970. Pada tahun 1980, perusahaan Xerox bersama dengan perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC) dan intel menciptakan spesifikasi Ethernet versi-2 yang kompatibel dengan spesifikasi IEEE 802.3.

Dewasa ini Ethernet merupakan protokol LAN yang paling populer dan banyak digunakan karena cara pemakainanya yang tidak rumit, dan harga dari peralatannya sangat murah, namun Ethernet tetap mempunyai kemampuan yang tinggi.

Token Ring
Token Ring
Protokol Token Ring Metode Aksesnya melalui lewatnya suatu token di dalam sebuah lingkaran yang berbentuk menyerupai  Cincin. Jaringan ring merupakan sebuah jaringan lama dan banyak digunakan pada jaringan LAN serta WAN.

Ring adalah suatu kumpulan dari link point to point individual yang membentuk sebuah lingkaran. Link point to point ini melibatkan suatu teknologi yang sudah dikenal dengan baik dan sudah terbukti di lapangan serta dapat dioperasikan pada twisted-pair, kabel koaksial, dan serat optik. Rekayasa dari ring hampir seluruhnya digital.

FDDI
FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
FDDI (Fiber Distributed Data Interface) adalah satu set ANSI dan standar ISO untuk transmisi data pada jalur serat optik dalam jaringan Local Area Network (LAN) dengan jangkauan hingga 200 km (124 mil). Protokol FDDI didasarkan pada protokol token ring. jaringan area lokal FDDI dapat mendukung ribuan pengguna. FDDI sering digunakan pada backbone untuk wide area network (WAN).

ATM
ATM (Asynchronous Transfer Mode)
ATM (Asynchronous Transfer Mode) merupakan standar jaringan berkecepatan tinggi yang dirancang untuk mendukung antara komunikasi suara dan komunikasi data. ATM biasanya digunakan oleh penyedia layanan Internet pada jaringan jarak jauh pribadi mereka. ATM beroperasi pada lapisan data link (Layer 2 pada model OSI) di fiber atau kabel twisted-pair.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jaringan Komputer dengan judul Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2013/07/jenis-jarkom-berdasar-protokol.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Jumat, 26 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Protokol"

Posting Komentar