Recommended Post Slide Out For Blogger

Review dan Observasi Situs www.dontclick.it

Dontclick.it merupakan situs yang berbasis flash player. Berdasarkan fakta situs tersebut merupakan situs yang mempunyai navigasi yang sulit. Karena User tidak diperbolehkan untuk melakukan klik kiri mouse seperti yang biasa kita lakukan jika mengunjungi sebuah situs. Sebagai penggantinya, navigasi di situs ini berjalan menggunakan mouse hover yaitu kita hanya mengarahkan kursor ke button yang akan di tuju tanpa melakukan klik. 

User friendly : tidak terlalu user friendly, karena tampilan yang tujuannya dibuat atraktif malah merepotkan. Karena bagi pengunjung yang baru atau yang belum pernah sama sekali mengunjungi situs tersebut akan kebingungan, mengapa begini, lalu begitu dan tiba-tiba begini. Pada bagian home page seolah tak ada apa-apa yang menarik di dalam situs ini. Point of interest pun tidak ada karena tidak ada objek yang eye-cathcy. Kemudian setelah masuk ke halaman selanjutnya, tampilan menu bar dan sub menu terlihat gemuk. Bagi mata yang memandang pun tak jauh beda dengan memandang pemukiman padat penduduk yang kumur dan tidak tertata. Desain tampilan sub menu yang menggunakan animasi sepeti itu bisa membuat pengunjung kehilangan fokus dan membutuhkan beberapa waktu untuk perlahan mengamati dan memahami cara kerja situs tersebut. Lebih parah lagi, dengan keadaan setting dan desain halaman yang bisa dibilang too sophisticated tidak memberikan toleransi pada human error saat melakukan ¬random clicking. Seharusnya, situs ini memanfaatkan lebar web dan panjang page nya agar terlihat longgar dan tidak menyesakkan mata. Disamping itu, pilihan warna juga kurang terlalu harmoni. Pilihan latar belakang abu-abu dan penggunaan warna hijau muda yang mendekati kuning serta hijau tua tidak menghasilkan tabrakan warna yang harmoni, justu malah terkesan aneh dan tidak nyeni. Beberapa ukuran font juga kurang bersahabat karena terlalu kecil karena tulisan itu bukan inti artikel melainkan hanya penjelas. Penggunaan fontasi juga kurang tepat karena selain ada beberapa bagian yang terlalu kecil, pilhan jenis hurufnya pun tidak terlalu nyaman untuk di baca sehingga menyakitkan untuk mata saat mencoba beradaptasi untuk kenyamanan saat membacanya. Seharusnya, font yang digunakan adalah yang lebih nyaman seperti yang digunakan beberapa media cetak seperti Jawa Pos, Surya, Seputar Indonesia, Kompas, The Jakarta Post, dan lain sebagainya.

Design: secara garis besar desain yang digunakan sangat atraktif termasuk pilihan animasi karena desain seperti ini sangat jarang digunakan oleh situs-situs lain. Bisa jadi, situs lain tidak banyak yang menggunakannya karena pertimbangan efektivitas dan mobilitas. Sayangnya, dibalik itu semua, ada beberapa kekurangan seperti pilihan warna dan jenis fontasi seperti yang sudah dijelaskan pada bagian user friendly. Disamping itu, salah satu kelemahan situs ini adalah terlalu mengandalkan animasi flash sehingga memungkinkan situs ini tidak bisa dimuat oleh perambah internet yang tidak mensupport tampilan situs tersebut. Bisa jadi, pengunjung yang ingin mengakses situs ini harus mengunduh plugin flash player terlebih dahulu dalam bentuk add-on untuk meningkatkan kapabilitas peramban internetnya untuk memuat situs tersebut, bila sebelumnya belum menggunakan peramban internet yang terbaru dan belum meng-install add-on yang dibutuhkan. Seharusnya, desain web page menyesuaikan dengan tujuan dan fungsi utama untuk apa situs tersebut dibangun. Sehingga, situs untuk hal seserius ini tidak terkesan sebagai situs mainmain yang bisa dibilang dalam tahap percobaan atau beta. Bila desain situsnya seperti ini, sisi entertain nya terlalu ditonjolkan sehingga situs ini lebih cocok untuk diperuntukkan pada anak-anak yang tertarik permainan warna dan animasinya yang attraktif. Kesimpulannya, situs ini menarik namun tidak pada tempatnya.

Content: isi dan artikel yang ditampilkan sangat menarik karena menyajikan informasi yang tidak banyak disampaikan lembaga survey maupun penelitian manapun. Akan tetapi kurang memuaskan karena tidak ada penjelasan mendetail. Semua materi dijelaskan secara ringan tanpa ada tautan keluar yang menjelaskan lebih dalam. 

Desain menu:
Secara garis besar pada halaman utama yang kedua terdapat empat menu yang terdiri dari UNDERSTAND, LEARN, EXPLORE, dan COMMUNICATE. Dalam situs ini, pengunjung tidak perlu melakukan klik untuk mengirimkan perintah, melainkan cukup dengan menunjuk menu , perintah, atau informasi yang akan di akses atau dituju. Justru, apabila pengunjung melakukan klik pada bagian manapun situs ini maka akan terjadi error yang menghentikan langkah anda mengeksplorasi informasi di dalam situs ini. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan tombol klik kiri maupun kanan pada mouse anda maupun touch pad pada komputer portable anda. Apabila ada mengakses situs ini dengan PC portable, alajngkah lebih baik bila anda menggunakan mouse daripada menggunakan touch pad untuk mengindari  random-clicking yang justru akan “merepotkan” anda.

Pada menu UNDERSTAND terdapat sub menu THE STRORY, THE MOUSEWRAP, dan THE STATISTICS. Bagian THE STORY berisi sejarah pendek cerita yag menginspirasi terbentuknya situs dengan konsep tanpa klik tersebut. Bagian ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagain yang pertama menceritakan tentang menjawab tantangan membangun situs yang tidak memerlukan klik. Kemudian bagian ke dua berisi tentang pertanyaan berat bagaimana meninggalkan kebiasaan kita yang tidak bisa jauh dari kebiasaan melakukan klik. Berhubung pada dasarnya situs ini adalah situs untuk survey, pada bagain ketiga berisi pemaparan tentang apa yang dievaluasi di dalam situs ini. Selajutnya adalah sub menu THE MOUSEWRAP yang didalamnya menawarkan cara alternatif untuk mengurangi kebiasaan melakukan klik. Pada bagian ini, pengunjung disuguhi animasi menarik tentang mouse dan sebuah penutup mouse yang berduri. Mouse akan bergerak mendekat atau menjauhinya sesuai dengan kerakan pointer oleh pengunjung. Setelah mouse terbungkus oleh penutup yang berduri tersebut muncullah artikel beserta inset gambar mousewrap beserta penjelasan ringkas tentang penggunaannya. Lalu yang terakhir adalah THE STATISTICS. Pada bagian ini, pengunjung disuguhi laporan survey. Ada tiga hal yang dilaporkan pada bagin ini antara lain, jumlah kunjungan pada situs tersebut serta jumlah klik yang meliputi klik dengan sengaja maupun tidak sengaja, perbandingan pengunjung yang “merindukan” sistem klik, dan frekuensi kunjungan pada beberapa bagian situs.

Yang kedua adalah menu LEARN. Pada menu ini terdapat tiga sub menu yang terdiri atas THE CLICK HISTORY, THE CLICK ERGONOMY, dan THE COMERCIAL CLICK. Sub menu yang pertama menjelaskan tentang sejarah klik mulai tahun 300SM sampai hari ini atau paling tidak hingga artikel tersebut di tulis. Pohon sejarah digambarkan dengan lingkar tahun yang dimiliki sebuah penampang melintang sebuah pohon. Dalam gambar tersebut terdapat sebelas panel yang mengindikasikan tahun-tahun yang berbeda dalam sejarah perkembangan klik. Selanjutnya, bagian kedua atau THE CLICK ERGONOMY dipaparkan tentang keterkaitan beberapa bagian tubuh kita dalam penggunaan komputer yang sehat. Keempat bagain tubuh tersebut adalah otak, jantung, mata dan tangan. Kemudian pada bagian ketiga atau THE COMERCIAL CLICK terdapat penjelasan mengenai empat hal dari inernet yang bisa menghasilkan pendapatan moneter dari jumlah klik yang dilakukan pengunjungnya. Empat hal tersebut adalah logfiles, ebay, banners, dan spam.

Menu ke tiga adalah EXPLORE yang terdiri dari empat sub menu yang terdiri dari THE BUTTON LAB, THE EXPERIMENTS, THE AUTOPILOT, dan THE MOUSECAMP. Sub menu yang pertama adalah THE BUTTON LAB yang berisi tentang beberapa cara alternatif yang lebih canggih yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi klik. Dalam tab ini ditawarkan tiga metode untuk menyelesaikan permasalahan ini lengkap dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing metode. Selanjutnya pada bagian THE EXPERIMENTS terdapat empat sample penggunaan pergerakan pointer. Pada bagian THE AUTOPILOT berisi angka yang berhasil terekam untuk jumlah klik. Selanjutnya, bagian paling menarik adalah bagian THE MOUSECAMP dimana pengunjung bisa mengaplikasikan kegiatan tanpa klik untuk tiga jenis permainan yang berbeda.

Akhirnya, pada menu terakhir atau CONTACT terdapat empat sub menu yang terdiri dari THE CROWDSHOUT, THE LINKS, THE GIVEAWAYS, dan THE CONTACT. Pada bagian THE CROWDSHOUT kita bisa menuliskan komentar kita mengenai proyek seperti ini. Selanjutnya, bagian THE LINKS cenderung menjelaskan credit atu pihak-pihak yang menginspirasi dan mebatu menyukseskan program seperti ini. Selanjutnya pada bagian THE GIVEAWAYS pengunjung ditawari fitur untuk mengunduh screen saver  dan banner yang khas dari situs tersebut sebagai cinderamata. Terakhir, THE CONTACT, memberi pengunjung kesempata untuk memberikan tulisan yang lebih panjang dalam bentuk seperti e-mail sekaligus praktek nyata mengirim e-mail tanpa menggunakan klik.

Penjelasan Fitur/Menu
1.   Home/tampilan awal
Halaman home adalah menu tang ditampilkan pada saat kita membuka situs www.dontclick.it. Disini kita diijinkan untuk mengklik satu kali saja (klik click here) untuk menuju menu sebelumnya yaitu menu UNDERSTAND, LEARN, EXPLORE, dan COMMUNICATE.

2. Halaman Understand


Pada menu UNDERSTAND terdapat sub menu THE STRORY, THE MOUSEWRAP, dan THE STATISTICS. 
a. Bagian THE STORY berisi sejarah pendek cerita yag menginspirasi terbentuknya situs dengan konsep tanpa klik tersebut. Bagian ini terbagi menjadi tiga bagian.
Bagian yang pertama menceritakan tentang menjawab tantangan membangun situs yang tidak memerlukan klik.
Bagian ke dua berisi tentang pertanyaan berat bagaimana meninggalkan kebiasaan kita yang tidak bisa jauh dari kebiasaan melakukan klik. 
Berhubung pada dasarnya situs ini adalah situs untuk survey, pada bagian ketiga berisi pemaparan tentang apa yang dievaluasi di dalam situs ini. 

b. MOUSEWRAP
Pada sub menu THE MOUSEWRAP yang didalamnya menawarkan cara alternatif untuk mengurangi kebiasaan melakukan klik. Pada bagian ini, pengunjung disuguhi animasi menarik tentang mouse dan sebuah penutup mouse yang berduri. Ini berarti bahwa harus hati hati dalam memegang mouse yang ujungnya berduri karena kita sama sekali tidak boleh melakukan klik. Mouse akan bergerak mendekat atau menjauhinya sesuai dengan gerakan pointer oleh pengunjung. Setelah mouse terbungkus oleh penutup yang berduri tersebut muncullah artikel beserta inset gambar mousewrap beserta penjelasan ringkas tentang penggunaannya.

Ketika tidak sengaja melakukan klik maka akan muncul tampilan seperti berikut kemudian tekan tombol submit

c. THE STATISTICS
Pada bagian ini, pengunjung disuguhi laporan survey. Ada tiga hal yang dilaporkan pada bagian ini antara lain, jumlah kunjungan pada situs tersebut serta jumlah klik yang meliputi klik dengan sengaja maupun tidak sengaja, perbandingan pengunjung yang “merindukan” sistem klik, dan frekuensi kunjungan pada beberapa bagian situs.





3. LEARN
Pada menu ini terdapat tiga sub menu yang terdiri atas THE CLICK HISTORY, THE CLICK ERGONOMY, dan THE COMERCIAL CLICK.
a. THE CLICK HISTORY
Sub menu yang pertama ini menjelaskan tentang sejarah klik mulai tahun 300SM sampai hari ini atau paling tidak hingga artikel tersebut di tulis. Pohon sejarah digambarkan dengan lingkar tahun yang dimiliki sebuah penampang melintang sebuah pohon. Dalam gambar tersebut terdapat sebelas panel yang mengindikasikan tahun-tahun yang berbeda dalam sejarah perkembangan klik.

b. THE CLICK ERGONOMY
Bagian THE CLICK ERGONOMY memaparkan tentang keterkaitan beberapa bagian tubuh kita dalam penggunaan komputer yang sehat. Keempat bagain tubuh tersebut adalah otak, jantung, mata dan tangan.


c. THE COMERCIAL CLICK 
Pada menu ini terdapat penjelasan mengenai empat hal dari internet yang bisa menghasilkan pendapatan moneter dari jumlah klik yang dilakukan pengunjungnya. Empat hal tersebut adalah logfiles, ebay, banners, dan spam.



4. EXPLORE
Menu ke tiga adalah EXPLORE yang terdiri dari empat sub menu yang terdiri dari THE BUTTON LAB, THE EXPERIMENTS, THE AUTOPILOT, dan THE MOUSECAMP.
a. THE BUTTON LAB
Menu THE BUTTON LAB yang berisi tentang beberapa cara alternatif yang lebih canggih yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi klik. Dalam tab ini ditawarkan tiga metode untuk menyelesaikan permasalahan ini lengkap dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing metode.

b. THE EXPERIMENTS
Pada bagian THE EXPERIMENTS terdapat empat sample penggunaan pergerakan pointer.
c. THE AUTOPILOT
Pada bagian THE AUTOPILOT berisi angka yang berhasil terekam untuk jumlah klik.

d. THE MOUSECAMP
Selanjutnya, bagian paling menarik adalah bagian THE MOUSECAMP dimana pengunjung bisa mengaplikasikan kegiatan tanpa klik untuk tiga jenis permainan yang berbeda.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Review dan Observasi Situs www.dontclick.it. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://aina-tunk.blogspot.com/2015/05/review-dan-observasi-situs.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Tunk-Tunk - Rabu, 06 Mei 2015

Belum ada komentar untuk "Review dan Observasi Situs www.dontclick.it"

Posting Komentar